BERITA

  • Simulasi Lomba Pidato Siswa SMA N 1 Banjarnegara.

    Simulasi Lomba Pidato Siswa SMA N 1 Banjarnegara.

    Semangat Sumpah Pemuda dalam simulasi lomba pidato kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7.Bertepatan dengan perimgatan hari Sumpah Pemuda tidak hanya diperingati dengan upacara formal saja , tapi diisi dengan kegiatan yang bersifat positif. Siswa-siswa SMA N 1 Banjarnegara kelas XI IPA 5 dan IPA 7 mengikuti kegiatan simulasi lomba pidato di Balai Budaya Banjarnegara dengan bimbingan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Sunarti. Simulasi pidato tersebut pengembangan dari kompetensi dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI yaitu mempresentasikan atau mengomunikasikan materi teks ceramah setelah kegiatan menyunting teks ceramah tersebut. " Presentasi pidato ini saya kemas dalam bentuk simulasi lomba pidato di depan publik, agar siswa berlatih keterampilan  berbicara di depan umum mulai dari sekarang" katanya.

    Kegiatan presentasi pidato yang dilakukan di dalam kelas selama ini cenderung monoton dan membosankan. Karena itu dilakukan diluar kelas agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti presentasi pidato.

    Keterampilan berbicara di depan publik  tidak semudah membalikkan telapak tangan makanya perlu dilatih mulai dari sekarang agar nanti setelah siswa terjun di masyarakat sudah terampil berbicara di depan publik dan mereka adalah generasi muda yang suatu saat menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang diharapkan mampu memajukan bangsa Indonesia.

    Selain itu siswa-siswa supaya terlatih rasa percaya diri dan keberanian untuk tampil berbicara di muka umum. Tema yang diambil berkaitan dengan semangat Hari Sumpah Pemuda. Materi teks pidato ditulis oleh siswa dengan mengambil nilai-nilai penting dari momen Hari Sumpah Pemuda yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.  Simulasi lomba pidato dilakukan dengan mengambil nomer undian berupa cocholatos yang sudah tertulis nama siswa dan secara bergantian dalam menilai antarsiswa. Siswa juga dilatih untuk bersikap obyektif dalam memberi penilaian terhadap teman yang tampil berpidato. Nilai tersebut dipadukan dengan penilaian oleh guru untuk diambil tiga terbaik dari masing-masing kelas. Siswa yang mendapat penilaian terbaik akan menjadi juara 1,2 dan 3 dan berhak mendapatkan hadiah dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

    Kegiatan tersebut diadakan di Balai Budaya Banjarnegara yang sering ramai dikunjungi masyarakat setempat atau dari luar untuk berbagai kegiatan. Menurut Pengelola Balai Budaya, Rakiwan Ismail,  kegiatan tersebut sangat baik dilakukan untuk melatih siswa berbicara di depan publik. "Saya mengapresiasi  setinggi-tingginya terhadap kegiatan siswa-siswa dari SMA N 1 Banjarnegara, mereka berlatih keberanian untuk berorasi di depan publik dan memanfaatkan fasilitas umum untuk kegiatan yang positif." katanya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks