HALAMAN

  • BEST PRACTICE “SUDIRMAN” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN BERKONSTITUSI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA Disusun Oleh: Sugeng, S.Pd

    BEST PRACTICE
    “SUDIRMAN” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN BERKONSTITUSI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA

    Disusun dalam Rangka Memenuhi Persyaratan Lomba Pemberian Anugerah Guru PKn
    Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016

    Disusun Oleh:
    Sugeng, S.Pd
    NIP.19731011 200801 1 002
    Guru SMA Negeri 1 Banjarnegara

    BAB   I

    PENDAHULUAN


    A.  Latar Belakang Masalah

             Proses pembelajaran pada sebagian sekolah  dewasa ini masih berlangsung dalam bentuk mengutamakan aspek kognitif dan terkesan sekadar tansfer pengetahuan (transfer knolwledge) bukan konsep pemberdayaan berpikir (Sardiman, 2005:52). Akibatnya proses pembelajaran terlihat monoton, kurang menarik, kurang menyenangkan, kurang memberikan tantangan, kurang memberikan inovasi, kurang mencerdaskan dan belum mampu menguatkan tata nilai dan sikap ilmiah ( jujur, terbuka, obyektif, mandiri ), siswa kurang aktif dan tidak antusias mengikuti pembelajaran, sehingga dapat menyebabkan motivasi siswa rendah dalam proses pembelajaran, terutama mata pelajaran PPKn.

              Banyaknya siswa yang masih melanggar tata tertib sekolah menyebabkan terganggunya proses pembelajaran. Kesadaran siswa dalam mentaati peraturan sekolah masih sangat rendah, hal ini  menyebabkan prestasi siswa juga rendah. Oleh karena itulah tata tertib dan sistem poin pelanggaran tata tertib peserta didik sangat penting untuk menjaga ketertiban pembelajaran di sekolah.
    Sebagai upaya meningkatkan kesadaran mentaati peraturan sekolah, penulis menggunakan model pembelajaran “SUDIRMAN”. Model pembelajaran “SUDIRMAN”, adalah model pembelajaran yang saintifik, serius dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran, dapat meningkatkan kesadaran dalam mentaati peraturan sekolah, dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
              Peters dalam  Mulyasa (2006:190) menyatakan bahwa proses dan hasil belajar peserta didik bergantung kepada kompetensi guru dan keterampilan mengajarnya. Dalam hal ini guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, meningkatkan kompetensi keilmuannya, serta mengembangkan organisasi dan manajemen pembelajaran. Menurunnya nilai PPKn dan nilai-nilai mata pelajaran yang lain karena masih banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah, dan model pembelajaran “SUDIRMAN” diharapkan mampu menyadarkan siswa akan pentingnya mentaati peraturan sekolah dengan baik. Tidak hanya itu model pembelajaran “SUDIRMAN” juga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajaar siswa. Oleh karena itulah penelitian ini berjudul “SUDIRMAN” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN BERKONSTITUSI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA.


    B.  Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: “
    1. Apakah  model pembelajaran “SUDIRMAN”  mampu meningkatkan  
        motivasi belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XI IPS 1,2 dan 3
        SMA Negeri 1 Banjarnegara?
    2. Apakah model pembelajaran  “SUDIRMAN”  mampu meningkatkan
        kesadaran Perlindungan dan Penegakan Hukum di Lingkungan
        Sekolah (mentaati peraturan sekolah)  pada siswa kelas XI IPS 1, 2
        dan 3 SMA Negeri 1 Banjarnegara?
    3. Apakah model pembelajaran “SUDIRMAN”  mampu meningkatkan
        hasil belajar  materi Perlindungan dan Penegakan Hukum  di
        Lingkungan Sekolah (mentaati peraturan sekolah)  pada siswa
        kelas XI IPS 1, 2 dan 3 SMA Negeri 1 Banjarnegara?

    C.  Tujuan
    Tujuan  penelitian ini adalah :
    1. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  “SUDIRMAN”  
        dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran PPKn siswa
        kelas XI IPS 1,2 dan 3 SMA Negeri 1 Banjarnegara.
    2. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “SUDIRMAN”  
        dalam  meningkatkan kesadaran Perlindungan dan Penegakan
        Hukum di Lingkungan Sekolah (mentaati peraturan sekolah)  pada
        siswa kelas XI IPS 1, 2 dan 3 SMA Negeri 1 Banjarnegara.
    3. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “SUDIRMAN”  
        dalam meningkatkan hasil belajar  materi Perlindungan dan
        Penegakan Hukum  di Lingkungan Sekolah (mentaati peraturan
        sekolah)  pada siswa kelas XI  IPS 1, 2 dan 3 SMA Negeri 1
        Banjarnegara?

    D.  Manfaat
          Hasil  penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
    1.    Bagi siswa : (1) meningkatkan kemampuan memahami materi bahan ajar PKn, (2) memudahkan belajar mata pelajaran PKn, (3) meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn
    2.    Bagi guru : (1) memberikan salah satu alternatif model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran PKn, (2) dipergunakan untuk menyusun program peningkatatn efektifitas pembelajaran PKn pada tahap berikutnya.
    3.    Bagi Lembaga:
    1).    Mampu memberikan gambaran yang nyata tentang kondisi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  dan memberikan alternatif pemecahan masalahnya.
    2).    Mampu memberikan masukan kepada pemerintah dalam rangka menentukan kebijakan pendidikan sesuai kebutuhan guru terutama guru Pendidikan    Kewarganegaraan
    4.    Bagi Pengembangan Pembelajaran: Memberikan gambaran implementasi model pembelajaran “SUDIRMAN” dalam proses belajar mengajar disekolah

     

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA