BERITA

  • Baksos Memungut Sampah Pramuka Blok SMAN 1 Banjarnegara

    Baksos Memungut Sampah Pramuka Blok SMAN 1 Banjarnegara

    Baksos Memungut Sampah Pramuka Blok SMAN 1 Banjarnegara

     

    Siswa-siswa SMAN 1 Banjarnegara Sabtu pagi, 28 Juli 2018, melakukan olahraga jalan kaki dari SMAN 1 Banjarnegara sambil melakukan aksi memunguti sampah-sampah plastik sepanjang jalan yang dilalui menuju pos terakhir Balai Budaya Banjarnegara. Para siswa sambil membawa plastik kresek untuk menampung  sampah-sampah yang dijumpai dijalan. Sampai di Balai Budaya para siswa membersihkan sampah-sampah yang ada disekitar Balai Budaya. Kegiatan tersebut sebagai wujud Pramuka Blok SMAN Banjarnegara melaksanakan kegiatan baksos di masyarakat sekitar.

     Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan akhir bagi siswa kelas X yang telah selesai mengikuti MPLS. Kegiatan Pramuka Blok dan TPA diadakan satu tahun sekali.  SMAN 1 Banjarmegara mengadakan Pramuka Blok dan TPA pada hari Jumat dan Sabtu, 27-28 Juli 2018 di SMAN 1 Banjarnegara. Sebelumnya siswa mengikuti kegiatan outbond pada Jumat sore dipandu oleh para Bantara kelas XI dan para pembina pramuka. Malam hari diadakan seminar materi kepramukaan tentang Fundamental Gerakan Pramuka disampaikan oleh Kak Dwicahyo Ariwidodo dari  pengurus Kwarcab Banjarnegara. Kegiatan malam diakhiri dengan acara api unggun di halaman sekolah. Semua peserta mengikuti acara api unggun sampai selesai, dilanjutkan istirahat malam. Pada pagi hari semua siswa melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid sekolah dengan bimbingan bapak ibu guru. Kegiatan pagi dilanjutkan senam pagi dan sarapan bersama dilanjutkan  para siswa membereskan bascamp di kelas dibersihkan dan dirapikan seperti semula.
     
    Selanjutnya, kegiatan baksos memunguti sampah disepanjang jalan dari SMAN 1 Banjarnegara menuju ke Balai Budaya Banjarnegara. Para siswa melaksanakan kegiatan dengan senang dan antusias sembari  jalan-jalan pagi.
    Menurut salah satu siswa, Noesaal Artha Khamsa kelas X MIPA 2, "Saya sangat senang dan terkesan mengikuti kegiatan Pramuka di Smansabara, kegiatanya mendidik kami untuk bersih-bersih lingkungan dan kegiatan pramuka yg menyenangkan di sekolah, semoga ke depan kegiatanya akan lebih baik." katanya.

    Kegiatan baksos Pramuka Blok merupakan kegiatan positif bagi siswa-siswa SMAN 1 Banjarnegara sebagai anggota masyarakat yang peduli lingkungan. Kepala SMAN 1 Banjarnegara, Yusuf Hary Cahyono sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar. "Kegiatan ini sangat baik untuk melatih siswa-siswa kelas X untuk menanamkan pendidikan karakter bertanggung jawab, mandiri, dan peduli lingkungan sekitar", katanya.

    Kepala UPT Balai Budaya / Pengelola Balai Budaya, Rakiwan Ismail juga mengapresiasi kegiatan Pramuka Blok SMAN 1 Banjarnegara yang sangat peduli lingkungan sekitar. Hal ini menumbuhkan kepedulian siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama di tempat fasilitas umum. "Saya sangat mendukung kegiatan siswa-siswa SMAN 1 Banjarnegara yang mau melaksanakan kegiatan baksos dengan kepedulian memungut sampah-sampah disepanjang jalan menuju ke Balai Budaya, sebagai wujud  warga masyarakat yang baik dan peduli lingkungan. Kalau bukan kita sebagai warga masyarakat Banjarnegara yang peduli lingkungan sekitar, siapa lagi?" katanya.

     

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks