BERITA

  • Tema Smansabara 57 Tahun

    Tema Smansabara 57 Tahun

    SMANSABARA MEMORI AKSARA

    "RENJANA" HUT ke-57 SMAN 1 BANJARNEGARA

    Nuansa perayaan HUT Smansabara ke -57 kali ini berbeda dari tahun lalu, kali ini peringatan HUT Smansabara dengan melaksanakan kegiatan yang lebih bernuansa sosial masyarakat. 

    Maskot peringatan HUT tahun ini yakni "Renjana". Menurut Waka Kesiswaan, Suratno,   "Makna renjana maskot HUT adalah rasa hati yang kuat dan bisa disepadankan dengan Passion ( Ing). Kata ini maknanya jiwa anak muda yang  penuh gelora dan semangat untuk meraih impian. Kami harapkan dengan makna ini kegiatan perayaan HUT Smansabara dapat berjalan dengan kesederhanaan tapi penuh hikmat. "ujarnya.

    Maskot renjana berupa gambar panda yang memiliki filosofi cina yang berarti kedamaian. Berkaitan dengan perayaan HUT diharapkan berjalan dengan lancar dan segala permasalahan dapat diselesaikan dengan penuh kedamaian. Dari segi warna hitam dan putih menunjukkan warna kontras hitam putih tapi pada tubuh panda kedua warna tersebut bersatu menjadi daya tarik kekhasan seekor panda. Kaitanya dengan HUT adanya perbedaan pendapat ide maupun gagasan tapi dengan adanya perbedaan tersebut dengan saling komunikasi terbuka maka tercipta sebuah gagasan baru yang  lebih bereksplorasi dan inovatif. Makna bambu runcing yang dipegang oleh panda, artinya bermakna perjuangan mengingatkan sejarah di masa lampau. Bahwa segala sesuatu tidak bisa diraih dengan mudah tapi melalui perjuangan yang tiada henti. Kaki panda yang tanpa alas menggambarkan dalam melangkah , tidak memerlukan apapun yang terpenting yaitu kemauan dan tekad untuk maju , maka segala sesuatu dapat diraih dengan sukses. 

    Kepala SMAN 1 Banjarnegara,  Yusuf Hary Cahyono mengingatkan, "Perayaan HUT tidak harus dengan kemewahan dan hura-hura, tapi dengan kesederhanaan dan rasa kebersamaan memiliki kesan yang mendalam pada diri masing-masing.  Selain itu, untuk mendidik para siswa agar bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin, jangan sampai memicu orang tua siswa yang mencari putra-putrinya karena sampai larut malam baru pulang dengan alasan membuat properti atau latihan dan lain-lain untuk kegiatan HUT sekolah." ujarnya.

    Hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018  diadakan upacara HUT Smansabara ke-57 dengan pembina upacara Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono. Pesan  Bupati "Rajin menuntut ilmu dan mengamalkan dalam kehidupan, jangan terlalu banyak nandur tapi praktik nyata, bukan hanya retorika, harus ada bukti nyata, mari kita wujudkan kerja secara nyata. Semoga Smansabara ke depan lebih sukses dan  lebih maju." Dalam kesempatan yang sama , Bupati mengalungkan medali perunggu yang diperoleh Restu Aji Nurpratama yang telah berhasil menjadi juara ketiga Olimpiade Nasional di Padang, Sumatera Barat. Selain itu, Bupati bagi-bagi doorprice bagi siswa dan guru yang bisa menjawab kuis dari Bupati. Dilanjutkan  dengan penerbangan 57 balon utama warna merah putih diikuti dengan 1200 balon untuk siswa, guru dan karyawan. 

    Kegiatan selanjutnya lomba geguritan dan kaligrafi untuk SMP se-Banjarnegara. Lomba berikutnya senam kreasi, LCCAI, Screening film, fotografi, debat Bahasa Indonesia, pensi, festival band, fashion show profesi dengan berbagai profesi dengan tujuan bahwa semua profesi dan masing-masing memiliki keunikan. 

    Perayaan HUT smansabara diawali dengan kegiatan yang sifatnya berbagi  tapi mengena kepada masyarakat sekitarnya  melalui gerakan peduli masyarakat. Sebelumya HUT Smansabara dirayakan dengan mengadakan kegiatan  mengundang artis, ustadz terkenal, jalan kreatif yang banyak biayanya, namun sekarang dialihkan untuk kegiatan yang bersifat sosial. Waka Humas sekaligus ketua penyelenggara, Edi Putra Bambang Supangkat mengharapkan "Kegiatan HUT ke-57 diharapkan sifatnya lebih bermakna dan mengena bagi masyarakat Banjarnegara, tidak perlu dirayakan dengan kemewahan yang banyak memakan biaya, yang penting berkesan." katanya. 

    Smansabara berbagi ditujukan ke masyarakat sekitar rumah sakit, berbagi dengan tukang becak dan tukang parkir, PKL, penarik delman, DLHK, dan orang-orang di sekitar RSUD Banjarnegara. Siswa membagi sebanyak 570 box makanan,  yang membagi adalah siswa kelas X, XI, dn XII didampingi bapak ibu guru. Kegiatan dilanjutkan dengan donor darah oleh warga Smansabara dan   lomba debat babak penyisihan. Setiap tingkat diambil empat untuk maju ke babak selanjutnya.

    Kegiatan lainnya yaitu baksos dengan mengumpulkan buku-buku cerita yang akan dibagikan ke sekolah - sekolah yang membutuhkan.  Kegiatan dilanjutkan dengan Talk show alumni smansabara yang sekarang jadi artis stand up komedi papan atas, Wira Setianagara. Selain itu dimeriahkan dengan penampilan grup band Chicken Cheezy  dipandegani oleh alumni Smanasabara yang kuliah di Jogjakarta.
     
    Menurut Manggarendet Dyota Hastono kelas XII IPS 2 sekaligus Ketua OSIS, "Perayaan HUT Smansabara ke - 57 kali ini   panitia lebih fokuskan yang berhubungan dengan sosial masyarakat, turut berpartisipasi kepada masyarakat. Kami merasa lebih bangga dengan mengadakan kegiatan yang lebih bermanfaat di masyarakat. Inti kegiatan ini ditujukan dari kita untuk kita, " katanya.

     Dana perayaan HUT Smansabara diperoleh dari swadaya dan sponsor. Sponsornya  yaitu Neutron, Light Production,  PD BKK  Banjarnegara Cabang Pasar Wage, PKK Kecamatan Banjarnegara, Erlangga, Jagung Kuning, CV Biru Langit, Jawa Tengah, Elza Textil, Gerai Jajan Banjar, Halte Store, Warung stasiun, Pisang Gabana, Mustache, Kopi Sabin, Djuragan Maryam, Culinary Iwak, Borobudur, CV Hitam Putih, LoveWingkle, PT Katraco, Sinta Motor, Liki Konveksi, Indah Jaya, Kedai Ireng dan Es Duren Pak Saya, dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. 


    Panitia punya tujuan yang lain untuk mengubah mindset para siswa bahwa peringatan HUT sekolah tidak harus dengan mengundang artis ( guest star),  tapi  dimanfaatkan dengan berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Perayaan HUT diakhiri dengan kegiatan Smansabara Memori Akshara yang diisi dengan kegiatan lomba permainan tradisional masa kecil seperti panjat gedang, gapyak, balap karung, merayap, bola licin, paku botol, tarik tambang. kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk melatih dan meningkatkan kerjasama, kekompakan, kebersamaan setiap kelas. selain itu, kegiatan ini juga akan mengingatkan kembali permainan yang sering dimainkan pada masa kecil. 

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks