BERITA

  • Pramuka Smansabara Belajar Memanah

    Pramuka Smansabara Belajar Memanah

    Gladian pimpinan satuan Pramuka ambalan Ganesha Tribuana Tunggadewi dilaksanakan hari Jumat  dan Sabtu,  1-2 November 2019.

    Untuk mengenalkan olahraga memanah bagi peserta karena olahraga masih belum poluler di kalangan pelajar di Banjarnegara.  
    Mafaza Arceri School dipimpin oleh Hindra Pramana sejak  Februari 2018. Sekolah memanah fokuskan untuk prestasi... utk sekedar hobby,  untuk latihan anak2 lepas dr gadget, utk ibu2 juga ada yg latihan. Utnuk semua kalangan,  pelajar,  ibu rumah tangga wali murid yang mengantar anaknya sekolah.  Pada umumnya peserta adalah pelajar untuk melatih berprestasi bagi pelajar. 
    Pelatihnya sementara 3 di Wanadadi Desa Kasilib dan di Jalan Panjaitan belakang SMA Cokroaminoto.  Jika berminat untuk mengikuti pelatihan hubungi Mas Herman 085228839732
    Prestasi yg pernah diraih... Event Dulongmas di Kalianget Wonosobo juara umum,  yg diikuti 30 orang kebanyakan siswa dr SD s. d. SMA. 
    Sunarti,  pembina Pramuka Smansabara mengatakan kegiatan tersebu sangat baik tuntuk mengenalkan olahraga panah bagi peserta.
      "Selain itu, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pelatihan memanah diantaranya untuk melatih kesabaran,  fokus pada sasaran dan keterampilan."
    Hendra Permana, pelatih panahan memberikan penjelasan," melalui pelatihan ini untuk mengenalkan adab nilai-nilai yang bisa ditanamkan kepada peserta didik, contoh mengambil anak panah tidak diambil sembarangan, aspek keselamtan yang harus diutamakan,  tidak memadukan anak panah ke string ketika ada orang didepanya,  termasuk adab membawa anak panahnya harus betul karena ujungnya runcing dan berbahaya. 
    "Kebanyakan panahan dalam konteks islam sebagai hiburan,  tetapi kalau dalam suatu event jika mengalamai kalah jadi membanting busur, nangis, marah sama choctnya,....Kegiatan memanah sebagai lahwun kesenangan jiwa dg berkuda. memanah. mencandai istri/suami spt halnya yang dicontohnkan oleh Rosululllah SAW."jelasnya. 

    Sudarto,  Kepala Smansabara memberikan apresiasi terhadap pelatihan memanah.setelah kegiatan ini bisa memberikan skill pada peserta didik untuk bisa berlanjut latihan dan seterusnya kalau bisa sampai berprestasi dalam kejuaraan memanah. 
     
    Kegiatan   Pramuka perlu dikenalkan kegiatan yang bisa menambah pengetahuan dan keterampilan selain materi kaitanya denga kepramukaan lainya.  Kegiatan olahraga memanah belum populer dikalangan masyarakat terutama di Banjarnegara.  Hal itu sangat baik untuk melatih ketangkasan,  melatih kesabaran dan fokus terhadap sasaran memposisikan memanah."jelasnya.

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks