BERITA

  • TIM KOMPETISI SAINS NASIONAL  SMAN 1 BANJARNEGARA LOLOS MELAJU KE TINGKAT NASIONAL

    TIM KOMPETISI SAINS NASIONAL SMAN 1 BANJARNEGARA LOLOS MELAJU KE TINGKAT NASIONAL

     

    Tiga siswa peserta kompetisi Sains Nasional (KSN)  SMAN 1 Banjarnegara  berhasil  lolos seleksi  KSN tingkat Provinsi Jawa Tengah melaju ke KSN tingkat Nasional. Mereka adalah Niken Rahmadani dari Bidang Kimia, Salsabila Jannah dari Bidang Geografi dan Kintan Wahyu  Wirejeki dari Bidang Kebumian. Penyelenggara KSN  untuk jenjang SMA / MA  dari Pusat Prestasi Nasionar (Puspresnas)  mengadakan seleksi tingkat nasional pada 8 s.d. 12 November 2021 yang akan datang. 

    Menurut Pembina KSN Kimia SMAN 1 Banjarnegara, Sunardi,S.Pd.,M.M. sangat  mengapresiasi anak didiknya bisa lolos ke tingkat nasional. 
    “Kami  sangat bersykur karena pembimbingan di masa pandemi ada keterbatasan tidak
     bisa maksimal. Pembimbingan lebih banyak online. Niken sudah terlihat sejak kelas X dia begitu rajin disiplin dalam berlatih dan belajar, memiliki komitmen yang kuat untuk bisa menjadi yang terbaik.Kami berharap, semoga anak-anak bisa meraih prestasi dan menjadi yang terbaik di KSN tingkat nasional bulan November mendatang.”katanya. 

    Sementara itu,salah satu peserta  KSN yang lolos ke tingkat nasional,  Niken Rahmadani saat dihubungi juga mengaku sangat senang dan bersykur karena perjuangannya selama ini tidaklah sia-sia. 

    “Untuk mempersiapkan kompetisi ini, saya telah mengikuti bimbingan intensif selama 5 hari pada bulan Agustus kemarin yang diadakan  oleh sekolah. Setelah bimbingan tersebut berakhir, saya mulai mencari materi untuk kompetisi ini dari berbagai sumber serta mengerjakan soal-soal  latihan yang telah diberikan sebelumnya. Selain itu, saya juga mempersiapkan mental saya dan memotivasi diri saya sendiri untuk terus menggali ilmu dibidang yang saya tekuni sekarang ini. Kesan saya mengikuti kompetisi ini adalah semakin saya mempelajari bidang ini semakin saya ingin mengetahui lebih banyak lagi dan tentunya hal ini karena kimia itu asik dan menarik. Saya harap saya bisa terus maju untuk bisa membawa nama baik saya pribadi dan juga sekolah.” katanya.


    Sementara itu, Salsabil Jannah peserta KSN Bidang Geogafi menyatakan sangat senang bisa mengikuti KSN tingkat Provinsi Jawa Tengah dan berhasil lolos ke tingkat Nasional.
    "Saya mengikuti KSN dan akhirnya bisa sampai di tingkat nasional ini adalah saya menjadi tau tentang banyak hal. Mempelajari berbagai fenomena alam yang ada di bumi serta bagaimana interaksi dengan manusia. KSN juga mengajarkan saya tentang perjuangan, berusaha keras untuk dapat meraih apa yang menjadi tujuan kita di depan. Saya juga belajar agar selalu konsisten dan selalu meningkatkan kualitas diri agar terus berkembang menjadi lebih baik." ungkap Salsabil Jannah


    Ungkapan yang sama juga dari peserta KSN Bidang Kebumian, Kintan Wahyu Wirejeki. Kintan mengaku cara belajarnya  yang pertama merangkum, setelah itu rangkumannya dibaca lagi dan dihafalkan. Karena pada dasarnya kebumian kan banyak hafalannya, jadi yang terpenting itu banyak banyak baca materi. Sehabis itu baru mengerjakan soal soal KSN tahun tahun lalu, kemudian membahasnya bersama alumni yang pernah ikut KSN tahun sebelumnya. 


    “Saya merasa sangat senang bisa lolos sampai ke tingkat nasional. Rasanya masih tidak percaya bahwa saya bisa sampai pada titik ini. Dengan mengikuti KSN ini, ilmu saya khususnya tentang kebumian pun semakin luas. Saya merasa enjoy ketika belajar kebumian, dan mungkin itulah salah satu faktor saya bisa lolos sampai nasional. Mohon doanya, agar kami bisa berhasil dan mendapatkan yang tebaik dalam KSN tingkat Nasional pada bulan November mendatang.”pungkasnya.
     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks