BERITA

  • Kintan Wahyu Wirajeki, Siswa SMA N 1 Banjarnegara Bersiap Melaju ke Tingkat Internasional  IESO 2022 di Italia

    Kintan Wahyu Wirajeki, Siswa SMA N 1 Banjarnegara Bersiap Melaju ke Tingkat Internasional IESO 2022 di Italia

    Siswa SMAN 1 Banjarnegara kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah Internasional. Kali ini Kintan Wahyu Wirajeki, siswa SMA N 1 Banjarnegara tengah mengikuti Pelatnas Tahap ke-2  sebagai salah satu  peserta yang tengah digodok  dalam rangka   perwakilan keikutsertaan Indonesia pada IESO 2022 di Italia.

    Kompetisi IESO 2022 di Italia rencananya akan diadakan pada bulan Agustus  tahun 2022 mendatang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Kintan panggilan akrabnya, merupakan salah satu peserta yang sedang mengikuti seleksi tahap ke-2 Pelatnas yang diadakan secara daring.

    Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melaksanakan Pembinaan Tahap I yang diikuti oleh para pemenang KSN tahun 2021 tanggal 6 s.d 20 Desember 2021.

    Kintan salah satu peserta yang  lolos  seleksi Pembinaan Tahap I ,  dan saat ini berhak untuk mengikuti Pembinaan Tahap II yang akan di laksanakan pada tanggal 18 s.d 27 April secara daring.

    Sudarto, S.Pd,M.M selaku Kepala SMAN 1 Banjarnegara sangat mengapresiasi prestasi  yang diraih siswa  dan memberikan suport  serta motivasi terhadap siswannya. 

    "Kintan merupakan  salah satu peserta  KSN Bidang Kebumian perwakilan dari Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan  Wilayah IX , bersama dengan 14 peserta dari daerah lain yang saat ini sedang mengikuti Pelatnas Tahap 2 secara daring, semoga bisa berjaya di tingkat Internasional dalam IESO di Ialia,"katanya.

    Wiyono,S.Pd. pembina KSN Kebumian SMAN 1 Banjarnegara menjelaskan Kintan saat ini dalam bimbingannya dibantu siswa alumni SMA N 1 Banjarnegara yang dulu pernah mengukir prestasi di tingkat Nasional bidang KSN Kebumian. 

    "Kintan siswa yang punya potensi luar biasa, dia semangat mengikuti bimbingan dan arahan dari kami, guna persiapan mengikuti Pelatnas Tahap 2 dengan bimbingan secara intensif dari pembina dibantu para alumni Tim KSN Kebumian dan Astronomi SMAN 1 Banjarnegara yang pernah berkancah di tingkat Internasional. Tahap 2 ini semoga Kintan bisa lolos dan bisa lanjut mengikuti Pelatnas Tahap 3 dan 4, untuk bisa berkiprah di  IESO  di Itaia  Agustus  tahun 2022 mendatang."jelas Wiyono.

    Menurut Wiyono, dirinya bersama alumni SMAN 1 Banjarnegara siap mengorbitkan siswa  SMAN 1 Banjarnegara yang berprestasi terbaik  menuju tingkat Nasional maupun Internasional dalam Tim KSN Kebumian dan Astronomi.

    Kintan putri kedua pasangan Ibu Samsiyah dan Bapak Rusmantoro ini sebelumnya mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Kebumian tingkat Nasional dan berhasil  mendapatkan medali perunggu pada bulan November 2021.

    Semua peserta yang mendapat medali emas, perak dan perunggu  jumlahnya 30 orang mengikuti pelatnas 1 yang pelaksanaannya sekitar bulan desember dan januari dengan total 14 hari. 
    Dari 30 orang  tersebut diseleksi menjadi 15 orang untuk mengikuti Pelatnas 2 yang dilaksanakan tangal 18 s.d. 27 April 2022 secara daring. Salah satu yang lolos yaitu Kintan Wirajeki siswa SMAN 1 Banjarnegara. Penggemblengan di Pelatnas 2 sebagai persiapan menuju Pelatnas 3 dan 4 untuk bisa berlenggang di kancah  International Earth Science Olympiad (IESO)  pada bulan Agustus 2022 yang akan datang di Aosta, Italia.

    Menurut Kintan, di KSN Kebumian merupakan prestasi pertama yang diraihnya  di SMAN 1 Banjarnegara. Saat di SDN Madukara pernah mengikuti i OSN Matematika tingkat Provinsi Jawa Tengah dan meraih juara terbaik. Dia juga pernah menimba ilmu di SMP N 2 Banjarnegara.

    "Harapan saya untuk diri saya sendiri ke depannya  bisa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih giat dalam belajar, bisa menjadi kebanggaan orang tua, dan yang terpenting tidak lalai dalam urusan agama, seperti pesan kedua orang tua saya yang akan saya pegang selama hidup,"katanya.***

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks